Batik Modern Sejarahnya

Batik sudah bukan pakaian yang asing lagi untuk dikenakan oleh anak-anak muda sekarang ini. Batik tak lagi identik dengan pakaian formal untuk orang tua. Beragam batik modern membuatnya bisa dikenakan juga oleh kalangan dari berbagai usia. Batik sendiri merupakan kain bergambar yang dibuat secara khusus menggunakan malam atau lilin. Caranya bisa dengan menerakan atau menuliskan malam pada kain kemudian diproses menggunakan cara tertentu. Batik Indonesia termasuk keseluruan teknik, teknologi dan juga pengembangan motif dan budayanya akan ditetapkan Warisan Kemanusiaan Untuk Budaya Lisan dan Non bendawi atau Masterpiece of the Oral and Intangible Heritage of Humanity tertanggal 2 Oktober 2009.

Secara etimologi, kata batik sendiri berasal dari Bahasa Jawa “tik” yang berartik titik atau membuat titik. Dari sinilah namanya berkembang menjadi batik. Sejarah teknik batik modern sendiri cukup panjang. Seni pewarnaan kain menggunakan teknik perintang termasuk bentuk seni kuno. Penemuannya pertama kali ada di Mesir dan teknik ini digunakan pada kain pembungkus mumi yang dilapisi malam dengan aneka pola. Teknik serupa juga pernah ditemukan di Asia, tepatnya di Tiongkok pada masa Dinasti Tang atau sekitar tahun 618 – 907 SM. Di India serta Jepang, teknik ini ditemukan pada masa Periode Nara atau sekitar tahun 645 – 794 SM.

Teknik batik juga dikenal di Afrika, beberapa di antaranya adalah Suku Wolof dan Soninke di Senegal serta suku Yoruba di Nigeria. Di Indonesia sendiri, batik diklaim sudah mulai ada di zaman Majapahit serta populer di akhir abad 17 hingga awal abad 19. Semua batik yang dihasilkan saat itu adalah batik tulis. Sementara untuk batik cap sendiri baru dikenal di abad 20 saat Perang Dunia I. Kini, batik telah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Batik tidak hanya sebagai busana orang tua seperti yang awalnya menjadi persepsi masyarakat. Telah banyak berkembang batik modern yang dapat dikenakan oleh anak-anak muda dalam kegiatan sehari-hari. Demikian informasi seputar batik dan sejarahnya di Indonesia.