Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Memulai Bisnis

 

Memulai sebuah bisnis dapat dikatakan mudah dan sulit. Bagi anda yang sudah memiliki basic dalam dunia perbisnisan hal tersebut pasti sangatlah mudah. Lalu bagaimana dengan yang tidak memiliki latar belakang bisnis sama sekali? Jawabannya adalah dengan mempelajari contoh bisnis plan.

            Sebelum anda benar-benar akan memulai sebuah bisnis, hendaknya anda mempelajari terlebih dahulu beberapa contoh bisnis plan yang ada di buku-buku maupun internet. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah 5 hal yang harus anda perhatikan sebelum memulai sebuah bisnis apapun:

  1. Jenis badan usaha yang akan digeluti/didirikan

Pertama-tama, anda harus sudah menentukan dan merencanakan jenis badan usaha seperti apa yang akan anda geluti. Apakah itu PT, Persero, firma dan sebagainya. Hal ini sangat penting guna mengurus persyaratan dan berbagai perizinan lainnya. Pikirkan secara matang, pertimbangkan baik-buruk dan kelebihan-kekurangan dari masing-masing jenis badan usaha yang akan anda pilih. Pastikan anda sudah mengerti dan paham tentang badan yang bersangkutan.

  1. Target/sasaran pasar

Kedua, anda harus memikirkan sekaligus merencanakan target atau sasaran dari badan usaha yang akan anda pilih, apakah itu masyarakat biasa, pelajar, ibu rumah tangga atau sebagainya.

  1. Nama perusahaan

Ketiga, pilihlah nama perusahaan yang menarik dan mudah diingat oleh konsumen, perlu and aketahui bahwa nama perusahaan juga dapat berpengaruh besar terhadap keberhasilan badan usaha yang anda bangun.

  1. Sumber modal jangka panjang

 

Keempat, pastikan anda sudah memiliki sumber pendanaan/ sumber dana jangka panjang yang mumpuni dan pasti untuk meminimalisir bangkrutnya perusahaan anda ditengah jalan.

  1. Dokumen pendukung dan lisensi

 

Kelima, rencanakan untuk mendaftarkan badan usaha yang anda miliki ke pemerintah. Agar badan usaha tersebut memiliki lisensi dan payung hukum yang kuat.

Pasti anda bertanya-tanya, mengapa perlu mempelajari berbagai contoh bisnis plan sebelum memulai usaha? Untuk jawaban tersebut simaklah beberapa poin dibawah ini :

  1. Meminimalisir kebangkrutan

Perencanaan pendirian badan usaha yang matang dapat meminimalisir badan usaha anda dari sebuah kebangkrutan di tengah jalan karena, semua rencana sudah anda pikirkan sejak awal beserta berbagai kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi kedepannya.

  1. Mencapai target yang diinginkan

Sebuah badan usaha apapun pasti memiliki sebuah target, untuk memperlancar mencapai target yang diinginkan tersebut maka, penting untuk anda menerapkan bisnis plan.

 

 

  1. Lebih siap menghadapi tantangan dan perubahan

Kebanyakan para perusahaan-perusahaan ataupun badan usaha tidak menerapkan bisnis plan sehingga mereka mudah terbawa arus perkembangan dan tidak mampu mengikutinya.

Itulah beberapa alasan anda perlu mempelajari contoh bisnis plan, persiapkan semua keperluan dan kelengkapan sebelum mendirikan sebuah badan usaha. Pastikan semuanya terarah dan tertata sesuai prosedur dan ketentuan legalitas.