Harga Biji Kopi Hitam Dan Lainnya Di Indonesia

Indonesia merupakan salah satu negara yang berpenghasil kopi yang bisa mempengaruhi harga kopi dunia. selain Indonesia, negara lainnya yang menghasilkan kopi adalah Brasil, Kolombia, dan Vietnam. Ada banyak jenis kopi juga yang ada di negara kita, diantaranya adalah kopi hitam, kopi Toraja, kopi Robusta, dan kopi Arabika.

Harga kopi tidak naik atau turun karena sendirinya, namun turun naiknya harga kopi disebabkan oleh beberapa faktor. Berikut ini adalah beberapa faktor besar yang perlu diketahui :

  • Bahan tanam
    Varietas atau bahan tanam merupakan faktor utama yang mempengruhi harga kopi turun atau naik, kita ketahui bahwa harga kopi arabika lebih tinggi dibanding kopi robusta, hal ini disebabkan bahwa tanaman kopi arabika lebih sulit dalam perawatannya, anda harus benar- benar merawat dengan baik, mulai dari penanaman, penanganan terhadap berbagai penyakit, dan lain sebagainya. Kopi arabika memiliki harga yang lebih tinggi disebabkan memiliki rasa dan bau yang sangat lezat dan harum
  • Faktor alam
    Faktor alam juga mempengaruhi harga dari kopi, baik kopi hitam atau jenis lainnya. jika kopi yang seharusnya ditanam diatas 700 mdpl tetapi ditanam dibawah 700 mdpl maka akan menghasilkan kualitas kopi yang buruk, bahkan bisa jadi kopi tersebut sering mendapatkan penyakit.
  • Pengelolaan atau manajemen pada kebun kopi
    Faktor lainnya adalah pengelolaan kebun kopi, pengelolaan yang baik harus dilakukan secara detail, mulai dari proses penanaman, pemberian penanung, pembuatan terasering jika kontur miring, pembuatan pada lubang tanaman, dan masih banyak lagi lainnya.
  • Panen
    Cara panen juga menjadi faktor apakah kualitas kopi bagus atau tidak. Kopi yang harus dipanen merupakan biji kopi yang harus benar- benar matang, panen juga harus dilakukan secara teratur, dan pemisahan kualitas juga harus dilakukan
  • Penanganan pasca panen
    Setelah dipanen kopi juga harus disimpen dan dikelola dengan baik.

Lima faktor diatas sangat mempengaruhi kualitas kopi, dengan kualitas atau tidaknya kopi maka akan mempengaruhi harga kopi, lima faktor tersebut mencangkup kopi hitam dan semua kopi jenis lainnya.