Panduan Merawat Model Cincin Baru

Suatu model cincin biasanya ada klasifikasi tersendiri sesuai waktu terbitnya model yang dimaksud, misalnya model A yang telah muncul sejak sepuluh tahun lalu termasuk model lama sedangkan model X yang baru muncul beberapa bulan lalu termasuk model baru. Meski begitu umumnya perawatan terhadap cincin model lama dengan model baru relatif sama karena yang menentukan cara merawat suatu cincin adalah bahan pokok pembuat cincin itu.

Namun demikian karena model cincin baru umumnya memiliki detail-detail yang lebih kompleks ketimbang cincin model yang lama membuat perawatan terhadapnya pun sedikit harus lebih teliti. Untuk membantu anda dalam merawat cincin dengan model baru ini .beberapa bagian cincin berikut ini perlu anda perhatikan.

  1. Bagian penghias Ring
    Bagian penghias ring maksudnya adalah hiasan-hiasan yang menghiasi sepanjang ring seperti misalnya ring cincin yang dihiasi dengan berlian, kristal dan sebagainya. Bagian ini harus rajin dibersihkan karena kerap kali terselip debu, selain itu ketika terkena air pun sebaiknya bagian ini mendapat perhatian lebih karena air bisa saja terjebak pada celah-celah hiasan.
  2. Bagian rangka mata cincin
    Rangka mata cincin adalah tempat dimana mata cincin diletakkan, bentuk rangka cincin sendiri bermacam-macam seperti bulat, oval persegi dan lain sebagainya. Bentuk rangka cincin biasanya disesuaikan dengan bentuk batu perhiasan yang dijadikan sebagai mata cincin, apabila batu perhiasan sebagai mata cincin berbentuk bulat maka rangka cincin pun dibentuk bulat. Sama seperti pada bagian penghias ring, bagian yang satu ini pun harus lebih teliti membersihkannya karena merupakan salah satu celah masuknya kotoran.
  3. Bagian mata cincin
    Mata cincin adalah batu perhiasan yang menghiasi cincin itu seperti misalnya batu permata, berlian, kristal, ruby dan batu-batu mulia lainnya. Setiap batu perhiasan membutuhkan perhatian yang berbeda maka sebaiknya anda mengetahui cara merawat batu perhiasan yang menjadi mata cincin anda.

Ketiga panduan merawat model cincin baru di atas kerap kali dapat pula anda gunakan pada model-model yang lama karena beberapa model lama ada yang sudah mulai memiliki detail seperti model yang baru. Pastikan anda selalu mengingat panduan di atas ketika merawat cincin anda agar penampilan cincin anda selalu prima.